Search

20 November 2009

Informasi Tentang Detektif CONAN

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang memiliki kemampuan luar biasa dalam menganalisa kasus-kasus kriminal terkena suatu masalah besar ketika tiba-tiba dirinya menjadi mengecil setelah diberi minum obat/ racun misterius, yang kemudian diketahui adalah racun berkode APTX 4869, oleh 2 anggota Organisasi Hitam yaitu Gin dan Vodka. Saat kejadian itu Shinichi dan Ran Mouri sedang berkencan di sebuah taman tema (theme park) yang bernama "Tropical Land". Kemudian, Shinichi bertemu dengan dua orang yang mencurigakan, dan Shinichi pun membuntuti mereka. Karena keasyikan mengintip transaksi gelap yang dilakukan Vodka dengan seorang usahawan, tanpa sadar Shinichi dipukul oleh Gin, dan dicekoki obat misterius yang dimaksud untuk membunuh Shinichi.

Namun ternyata obat tersebut tidak membunuh Shinichi, melainkan terjadi efek samping dari obat tersebut yang mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun. Setelah dia sadar tubuhnya menjadi kecil, dia pun memberitahukan bahwa tubuhnya telah menyusut kepada Profesor Agasa, tetangganya yang merupakan seorang peneliti. Mulanya Profesor Agasa tidak percaya, namun karena Shinichi yang tubuhnya mengecil itu menunjukkan kemampuan analisisnya yang luar biasa, maka Profesor Agasa pun percaya bahwa dia adalah Shinichi Kudo yang tubuhnya mengecil.

Karena teman sejak kecil Shinichi, Ran Mouri, memiliki firasat buruk terhadap Shinichi, maka Ran pun mencari- cari Shinichi. Tempat yang pertama dicari Ran adalah rumah Shinichi. Kebetulan Profesor Agasa dan Shinichi yang tubuhnya menyusut ada disana, ketika Ran Mouri menanyakan nama dari bocah kecil yang sebenarnya Shinichi yang tubuhnya menyusut, dia menyebutkan bahwa namanya adalah "Conan Edogawa". Nama "Conan" berasal dari nama pengarang buku detektif terkenal Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle, sedangkan nama "Edogawa" berasal dari nama Edogawa Ranpo. Edogawa Ranpo adalah pengarang novel detektif yang paling terkenal di Jepang. Conan lalu mulai mencari tahu seluk beluk organisasi misterius tersebut sambil tinggal di rumahnya Ran Mouri yang berada di daerah Beika. Nama Beika merupakan rujukan dari nama jalan tempat tinggal Sherlock Holmes (Baker Street).

Karena mengecilnya tubuh Shinichi, pada mulanya analisis Conan sama sekali tidak dipercaya karena dianggap sebagai anak kecil. Jadi, Conan terpaksa membuat ayah Ran, Kogoro Mouri, yang merupakan seorang detektif payah, untuk memecahkan berbagai kasus kejahatan, dengan harapan dapat melacak jejak organisasi tersebut. Kemudian kisah selanjutnya menjadi semakin rumit dan melibatkan berbagai individu. Conan didaftarkan oleh Profesor Agasa ke dalam SD Teitan sebagai murid kelas 1 SD pindahan dari daerah lain. Sekolah TeiTan merupakan permainan kata dalam bahasa Jepang (TanTei= Detektif). Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikkan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi.

Anggota Organisasi Hitam yang telah diketahui adalah Gin, Vodka, Vermouth, Pisco, Tequilla, Calvados, Chianti, Kir (nama asli : Hidemi Hondou, dikenal sebagai Rena Mizunashi, kakak Eisuke Hondou), Kusuda Rikumichi, Masami Hirota (nama asli : Akemi Miyano, kakaknya Ai Haibara), Sherry (nama asli : Shiho Miyano,Ai Haibara), Bourbon, Rye (nama asli : Shuichi Akai), Hell Angel (nama asli : Elena Miyano, ibu Ai Haibara), serta Big Boss yang selalu ditampilkan secara blur/ kabur dan selalu disebut oleh Gin sebagai Anokata (orang itu).

Tokoh" dlm Detektif Conan:

Manga:
Bab dari manga Detektif Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Di Jepang, mereka telah diterbitkan di Shogakukan's Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994. Sejak premier Detektif Conan, lebih dari tujuh ratus bab telah dirilis di Jepang. Masing-masing bab dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume Tankōbon. Jilid pertama ini dirilis pada 18 Juni 1994; sampai dengan 18 Agustus 2009, enam puluh lima volume telah dirilis. Viz Media (penerbit Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan tiga puluh dua jilid dirilis per 27 November 2009. Elex Media Komputindo merupakan penerbit Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia.

Versi-versi Detektif Conan:

Ada 3 edisi Detektif Conan yang diterbitkan di Indonesia, yaitu:

  • Detektif Conan edisi reguler
  • Detektif Conan Edisi Spesial
  • Detektif Conan Seri Animasi TV
Anime:

Episode dari serial anime Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation. Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.

Pada Juli 2009, 17 bagian dan 143 total volume telah dirilis oleh Shogakukan. Lima kotak koleksi DVD dari adaptasi Inggris dari anime telah dirilis oleh Funimation Entertaiment dan berisi lima musim pertama dari anime.

Spesial TV:

Spesial TV dari seri Detektif Conan hanya ada satu untuk saat ini yaitu Lupin III vs Detective Conan (ルパン三世 vs 名探偵コナン "Lupin Sansei vs Meitantei Conan"?)

FILM:

No Judul bahasa Jepang Judul bahasa Inggris Tanggal pertama kali dirilis Pendapatan/
box office (¥)
1 名探偵コナン 時計じかけの摩天楼
Meitantei Konan Tokei Jikake no Matenrō
Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper 19 April 1997
2 名探偵コナン 14番目の標的
Meitantei Konan Jyuuyon banme no Tagetto
Detektif Conan: The Fourteenth Target 18 April 1998 1,05 miliar [1]
3 名探偵コナン 世紀末の魔術師
Meitantei Konan Seikimatsu no Majutsushi
Detective Conan: The Last Wizard of the Century 17 April 1999 1,45 miliar [2].
4 名探偵コナン 瞳の中の暗殺者
Meitantei Konan Hitomi no Naka no Ansatsusha
Detective Conan: Captured in Her Eyes 22 April 2000 2,5 miliar[3]
5 名探偵コナン 天国へのカウントダウン
Meitantei Konan Tengoku e no Kauntodaun
Detective Conan: Countdown to Heaven 21 April 2001 2,9 miliar[4]
6 名探偵コナン ベイカー街の亡霊
Meitantei Konan Beikā Sutorīto no Bōrei
Detective Conan: The Phantom of Baker Street 20 April 2002 3,4 miliar[5]
7 名探偵コナン 迷宮の十字路
Meitantei Konan Meikyū no Kurosurōdo
Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital 19 April 2003 3,2 miliar[6]
8 名探偵コナン 銀翼の奇術師
Meitantei Konan Gin-yoku no Majishan
Detective Conan: Magician of the Silver Sky 17 April 2004 2,8 miliar[7]
9 名探偵コナン 水平線上の陰謀
Meitantei Konan Suiheisenjō no Sutoratejī
Detective Conan: Strategy Above the Depths 19 April 2005 2,15 miliar[8]
10 名探偵コナン 探偵たちの鎮魂歌
Meitantei Konan Tantei tachi no requiem
Detective Conan: The Private Eyes' Requiem 15 April 2006 ?
11 名探偵コナン 紺碧の棺
Meitantei Konan Konpeki no Jorī Rojā
Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure 27 April 2007 2,53 miliar[9].
12 名探偵コナン 戦慄の楽譜
Meitantei Konan Senritsu no Furu Sukoa
Detective Conan: Full Score of Fear 19 April 2008 2,42 miliar
13 名探偵コナン 漆黒の追跡者
Meitantei Conan Shikkoku no Chaser
Detective Conan: The Raven Chaser 18 April 2009 3,4 miliar




Drama Televisi:

Dua drama televisi tunggal yang telah dibuat dari seri ini, satu pada tahun 2006 dan satu pada tahun 2007.

Dalam drama pertama, yang perdana di Jepang pada Nippon Television pada 2 Oktober 2006. Itu menjabat sebagai prekuel dari cerita saat ini, dibintangi oleh Shun Oguri sebagai Shinichi Kudo, Tomoka Kurokawa sebagai Ran Mouri, dan Takanori Jinnai sebagai Kogoro Mouri. [10]

Drama TV kedua perdana pada tanggal 17 Desember 2007, dengan menambahkan karakter seperti Yu Kashii (sebagai Shiho Miyano), Kuranosuke Sasaku (sebagai Gin), Okada Taro (sebagai Vodka), Ryosei Tayama (sebagai Agasa), Fujisaki Nao (sebagai Conan) dan Shibata Kyoka (sebagai Haibara).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Other Post