ONN
adalah divisi tayangan video dari organisasi satir atau pandai
menyindir untuk berita-berita di AS, The Onion. Divisi ini diluncurkan
pada Maret 2007 silam, meski telah mulai produksi sejak pertengahan
2006. Seperti induknya, isi dari ONN murni karangan otak-otak kreatif
di belakangnya.
Mulanya,
The Onion hanya berupa suratkabar dan website. Mereka memparodikan dan
menyindir sejumlah berita. Tak hanya skala lokal dan nasional, namun
juga berita-berita internasional yang menghebohkan.
Parodi Onion bervariasi dan benar-benar ala media. Mulai dari tajuk berita (editorial), wawancara pemirsa yang sedang berlalu lalang di jalan, hingga layout informasi tentang saham yang meniru media asli, Associated Press.
Onion
berdiri pada 1988, di bawah tangan Tim Keck dan Christopher Johnson.
Namun setahun kemudian, mereka menjualnya kepada Pemimpin Redaksi Scott
Dikker dan Manager Penjualan Peter Haise.
Seiring
berjalannya waktu, Onion yang hanya media lokal berkembang ke skala
nasional. Pada April 2009, Onion menyabet penghargaan Peabody Award
sebagai media paling satir.
Beberapa
media AS juga pernah 'kecele' mengutip Onion sebagai sumber berita
mereka. Namun kini mereka sudah tahu seperti apa Onion sebenarnya.
Sebab itulah jangan heran, tak satupun media resmi AS memberitakan hoax Justin Bieber.
sumber http://unic77.blogspot.com/2010/10/ini-dia-dalang-hoax-justin-bieber.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar